BELAJAR SEPANJANG HAYAT

Belajar bisa kapan dan di mana saja. Tidak hanya dibatasi oleh ruangan kelas yang formal, tapi bisa kapan dan di mana saja.Ya, long life education istilahnya.

Hisab Rukyat

HIsab Rukyat adalah perangkat yang digunakan dalam Islam untuk menentukan berbagai hal yang berkaitan dengan penetapan waktu. Baik waktu shalat, penentuan awal dan akhir bulan, gerhana, dan peristiwa astronomi lainnya.

GM3

Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji adalah pendulum waktu yang diperjuangkan Kementerian Agama, untuk mengajak, mendorong, dan menguatkan budaya mengaji dalam masyarakat.

Altruisme dan Filantrofi

Islam tidak hanya mengajarkan ibadah ritual yang hanya berputar di sekitar tempat ibadah. Namun, ajaran lain yang sama pentingnya adalah kepedulian sosial dengan sikap mendahulukan orang lain (altruis) dan menegakkan kepedulian pada orang lain (filantrofis).

TIDAK SEKEDAR SENIMAN

"Dengan seni hidup menjadi indah". Ya, inilah bentuk murunah-nya Islam. Seni dengan beragam jenisnya bisa menjadi washilah dakwah Islam.

بِسْــــــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

Peran Kantor Urusan Agama

SINERGITAS PERAN KUA DAN PEMERINTAH KECAMATAN, MEDIA AKSELERASI PENCAPAIAN BANDUNG AGAMIS.
Oleh :Iin Hindun, A.Md
(Pengadministrasi pada KUA Bandung Kidul Kota Bandung)



Dalam Rencana Strategis Kota Bandung, tertuang 7 Program Prioritas yang salah satunya menitik beratkan pada “Pembinaan Kerukunan Hidup Umat Beragama, dengan sasaran terwujudnya Bandung Agamis”. Ungkapan Bandung Agamis telah menjadi Idiom yang popoler dan “nga-Biwir Hiji” di tengah masyarakat Kota Bandung. Bandung Agamis mengisyaratkan pengistimewaan dan penguatan aspek agama sebagai landasan, nilai dan moral kehidupan masyarakat. Dalam skenario pencapaiannya, pemerintah di tingkat kecamatan dengan segenap kelengkapannya, menjadi pemeran yang berada di garda paling depan.

Modernisasi dalam proses pembangunan, tak kurang memberikan impact negatif selain kontribusi positif yang juga tak bisa dinafikan. Hal ini telah memunculkan tantangan yang semakin besar dan berat bahkan mengancam kedinamisan dan kekondusifan hidup beragama baik internal maupun eksternal. Tantangan dan Ancaman ini menjadi Trigger terhadap keseriusan semua pihak dalam mengupayakan secara maksimal terwujudnya Bandung Agamis. Selain itu dalam upaya mewujudkan Bandung Agamis ini, seluruh komponen terutama pemerintah harus meningkatkan porsi bidang keagamaan baik secara kinerja maupun anggaran. Sisi “Sense of Religous” ummat Islam akan setuju, bahwa tertanamnya nilai dan moral Islam dalam diri setiap individu muslim akan menjadi jawaban terhadap tantangan modernisme yang datang bergelombang.

Di sisi yang berbeda, Kantor Urusan Agama (KUA) secara eksplisit tersebut dalam peran dan fungsinya menjadi pemeran utama/ujung tombak pemerintah dengan spesialisasi peran di bidang kegiatan keagamaan pada tingkat kecamatan. Meski secara struktural antara pemerintah kecamatan dengan Kantor Urusan Agama tidak ada keterkaitannya, namun sinergitas pelaksanaan peran dan fungsi keduanya akan menjadi Media Akselerator pencapaian Bandung Agamis di Kota Bandung.

0 komentar:


Tambahkan Komentar Baru

[+] Sertakan yahoo emoticon pada komentar Anda, dengan cara mengcopy paste kode yang ada disampingnya!